Powered By Blogger

Senin, 31 Mei 2010

BDS-IBS atau yang disebut dengan Branch Delivery System – Integrated Banking System

BDS-IBS atau yang disebut dengan Branch Delivery System – Integrated Banking System,  merupakan suatu system informasi akuntansi berbasis komputer yang diterapkan oleh Bank Mandiri yang digunakan untuk memproses data transaksi financial maupun non financial.

BDS-IBS memiliki 3 aplikasi dalam menjalankan kegiatan operasional, antara lain: BDS-IDS, BDS-ILS, dan BDS-ITS.

1. Branch Delivery System – Integrated Deposit System (BDS-IDS)

BDS-IDS merupakan aplikasi sistem komputerisasi dari BDS-IBS yang menyediakan fungsi untuk penanganan aplikasi berupa:

a. Produk-produk Passiva

Dalam hal ini, BDS-IDS menangani aplikasi produk passiva seperti: aplikasi tabungan, aplikasi giro dan deposito.

b. Fungsi Teller System

BDS-IDS menyediakan fungsi untuk penanganan transaksi yang dilakukan untuk rekening nasabah dan non nasabah serta jasa-jasa dapat dilayani secara lengkap dalam arti yaitu dari menerima warkat, meneliti, membukukan, membayar dan menerima setoran tunai, serta pemindahbukuan.

c. Fungsi Customer Information File

BDS-IDS menyediakan fungsi untuk penanganan atas pengelolaan data informasi lengkap setiap nasabah dan merupakan data konsolidasi dari beberapa rekening nasabah, dapat dicetak dalam satu laporan terpadu. Beberapa rekening setiap nasabah berarti bahwa nasabah mempunyai banyak rekening dari beberapa produk.

d. Pengolahan Data Akuntansi

Aplikasi dari BDS-IBS ini menyediakan fungsi untuk penanganan transaksi mutasi dalam sistem yang terjadi pada level rekening impersonal account atau non nasabah, kemudian memposting pembukuan biaya maupun pendapatan biaya yang penerapannya secara aktual dengan mengacu kepada Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia (PAPI).

Aplikasi BDS-IDS ini digunakan oleh bagian fungsi teller, bagian customer service office dan back office.

2. Branch Delivery System – Integrated Loan System (BDS-ILS)

BDS-ILS merupakan bagian dari aplikasi BDS-IBS yang berfungsi dalam penanganan pinjaman-pinjaman yang terjadi yang merupakan bagian dari produk kredit.

3. Branch Delivery System – Integrated Transfer System (BDS-ITS)

BDS-ITS merupakan bagian dari aplikasi BDS-IBS yang berfungsi dalam penanganan produk-produk jasa berupa kiriman uang, kliring, inkaso, jasa dalam negeri dan jasa luar negeri. Ada dua fungsi penting dalam aplikasi BDS-ITS ini, yaitu:

a. Interbranch

BDS-ITS menyediakan fasilitas antar cabang. Fasilitas ini membantu mengurangi pekerjaan dan menyelesaikan daftar pos terbuka karena sistem ini secara otomatis menyelesaikan pembukuan rekening antar kantor (RAK).

b. Multy Currency

BDS-ITS menyediakan fasilitas untuk penanganan aplikasi transaksi keuangan berbagai mata uang, khususnya valuta asing yang dibukukan dalam mata uang asing. Walaupun demikian, pelaporan konsolidasi oleh sistem ditetapkan dalam rupiah.

7 komentar:

  1. keren......ada info lagi nggak tentang program ini??

    BalasHapus
  2. blm ada..
    nanti kalu ada pasti saya post lagi..

    BalasHapus
  3. ada sumber buku nya ga ini?

    BalasHapus
  4. Thankss a loott infonyaaaa xD
    really helpful

    BalasHapus
  5. nice info,, btw BCA juga menggunakan sistem BDS-IBS.. sepertinya beberapa bank besar telah mempercayakan sistem operasinya menggunakan sistem ini, bahkan sekarang juga sudah dikembangkan BDS Web, dimana bisa mengakses sistem ini secara on-line oleh orang yang berwenang di bank tersebut..

    BalasHapus
  6. Apakah bisa minta informasi vendor BDS-IBS yang sudah pernah implementasi di bank di Indonesia?Ada customer saya yang hendak ganti teller system-nya.

    BalasHapus
  7. buatan manakah aplikasi bds ?

    BalasHapus