Powered By Blogger

Selasa, 01 November 2011

JOIN TABLE DALAM MYSQL

Pada tulisan sebelumnya saya telah membahas sedikit tentang DML (Data Manipulation Language). Kali ini saya akan membahas sedikit mengenai join table dalam mysql. Untuk join table ini kita masih menggunakan perintah DML yaitu select, yang berfungsi untuk menampilkan isi dari table yang telah kita buat.

Join table disini maksudnya menampilkan dua tabel secara bersamaan yang dilihat menggunakan salah satu dari kolom yang sama dalam kedua tabel tersebut. Misalkan kita telah membuat tabel mahasiswa dan tabel dosen, kita akan menampilkan kedua tabel tersebut secara bersamaan dilihat dari kolom yang sama di kedua tabel tersebut seperti kolom kode_dosen.

Untuk lebih jelasnya saya akan berikan contoh dari join tabel tersebut, yang pertama secara inner join, kemudian left join dan right join. Pertama kita buat tabel mahasiswa dengan kolom NAMA, NPM, KELAS dan KODE_DOSEN dengan perintah create table mahasiswa (NAMA varchar(25), NPM varchar(8), KODE_DOSEN varchar(4) primary key);, kolom KODE_DOSEN kita jadikan primary key. Kemudian kita buat table dosen dengan kolom KODE_DOSEN, NAMA_DOSEN dan MATA_KULIAH dengan perintah create table dosen (KODE_DOSEN varchar(4), NAMA_DOSEN varchar(25), MATA_KULIAH varchar(10));.

Setelah itu kita isi tabel mahasiswa dengan perintah insert into mahasiswa values("RESTU", "12345678", "A002");. Lanjutkan dengan mengisi tabel mahasiswa dengan 5 data yang berbeda. Jika sudah diisi maka selanjutnya kita mengisi tabel dosen dengan perintah insert into dosen values("A002", "SUSIS", "PKB");. Lanjutkan juga dengan mengisi tabel dosen sebanyak 5 data yang berbeda. Untuk kolom KODE_DOSEN pada tabel dosen isi dengan 3 kode yang sama dengan tabel mahasiswa, dan yang 2 lagi dibedakan dalam pengisian KODE_DOSEN.

Sekarang kita mulai menggabungkan kedua tabel tersebut dengan perintah inner join, berikut perintahnya select * from mahasiswa inner join dosen on mahasiswa.KODE_DOSEN = dosen.KODE_DOSEN;. Untuk menggabungkan secara left join dan right join tinggal mengganti inner dengan left dan right, berikut perintah untuk left join select * from mahasiswa left join dosen on mahasiswa.KODE_DOSEN = dosen.KODE_DOSEN;, dan untuk right join berikut perintahnya select * from mahasiswa right join dosen on mahasiswa.KODE_DOSEN = dosen.KODE_DOSEN;.

Mungkin cukup sekian pembahasan saya mengenai join table, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca, selamat mencoba perintah yang ada pada tulisan saya ini.. :)

1 komentar: